Minggu, 24 Desember 2017

Tapak Suci : Senjata-senjata



Selain bertarung dengan tangan kosong, di Tapak Suci juga diajarkan penggunaan senjata-senjata yang akan meningkatkan kemampuan kader Tepak Suci dalam seni penggunaan senjata. Senjata yang digunakan ada berbagai macam, namun senjata yang menjadi ciri khas adalah senjata Segu yang artinya serba guna.
Kasegu atau biasa disingkat Segu merupakan senjata khas Tapak Suci yang diciptakan oleh Moh. Barrie Irsyad, pendekar pendiri Tapak Suci. Senjata ini memiliki keunikan karena bentuknya menyerupai lafadz Muhammad. Bisa dilihat pada gambar bahwa senjata tampak membentuk huruf hijaiyah, yaitu huruf mimkha, dan dal yang jika digabungkan membentuk tulisan Muhammad dalam bahasa arab.

Senjata Senakar (ukmtapaksucipringsewu.blogspot.co.id)

Senaker merupakan singkatan dari senjata andalan pendekar, karena senajata ini merupakan senjata yang dikembangkan oleh pendekar Joko Suseno, sebagai bagian dari ujian pendekar yang dijalaninya.

Tongkat Toya (pabrik-pedang-katana.blogspot.co.id)

Toya merupakan senjata dasar yang biasa digunakan untuk mengawali pelatihan penggunaan senjata di Tapak Suci. Bentuknya sangat cocok untuk digunakan melatih teknik dasar dalam permainan senjata, seperti gerakan putaran, tusukan, dan tebasan.
Selain itu juga ada senjata-senjata lain yang digunakan dalam Tapak Suci, seperti pedang mawargolok mawarrantai batanganrantai bandhil dan tombak naga. Berikut adalah gambar dari senjata-senjata yang telah saya sebutkan diatas.


Sumber : https://informazone.com/arti-lambang-tapak-suci/

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Start typing and press Enter to search